Jumat, 16 Juni 2017

Keterkaitan Urban dengan Landscape pada "Garden of the Stars"

Urban, kata yang sering diasosiasikan dengan kota besar. hubungan tersebut tercipta, karena pada dasarnya urban adalah bagian dari pusat kota, tempat segala aktivitas berlangsung. tinggal dikota besar berarti kita harus siap untuk berkaitan dengan urban. merasakan kota dapat dilakukan jika benar-benar menjalani kehidupan dan keseharian kita dikota, sebagai penghuni atau pendatang dari kota tersebut.


Melakukan interaksi dengan urban atau daerah yang berada di sekeliling daerah urban. hal ini dimaksudkan, bahwa dengan menjadi urban, diperlukan juga komunikasi dan interaksi yang baik dengan daerah sekitar. Hongkong, Tsim Sha Tsui adalah sebuah kota urban yang terus mengalami perubahan secara cepat, kota tersebut seharusnya mengatasi segala macam persoalan yang terjadi pada kehidupanurban yang terdapat didalamnya. persoalan tersebut muncul karena tak lain orang-orang yang menjalani hidup urban mudah sekali stres. sehingga sudah seharusnya bagian-bagian dari kota jakarta ini harus dirancang dengan baik, agar dapat mengurangi stres yang terjadi pada penduduknya.

Untuk mengatasi persoalan urban di kota-kota besar seperti Kota Tsim Sha Tsui, Hongkong harus memiliki solusi melalui arsitektur yang baik, diantaranya haruslah memiliki nilai-nilai seperti berikut;

1. Merespon Hijau


Arsitektur yang baik adalah arsitektur yang merespon terhadap isu-isu penyelamatan lingkungan, bahaya global warming, serta juga hilangnya tanaman hijau diperkotaan. Dalam hal ini, peran Garden of The Stars sebagai taman kota adalah sebagai wadah untuk merespon hijau dari padatnya bangunan bangunan perkotaan yang berada disekitarnya.


2. Merespon Kenyamanan

Penduduk kota yang terkategorikan masyarakat urban tentunya mengharapkan kenyamanan yang sesuai agar betah dan nyaman berada di dalam kota itu sendiri disamping dari rutinitas yang dikerjakan di dalam kegiatannya sehari-hari. Sehingga diperlukannya taman kota pada kawasan terseut merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kenyamanan masyarakatnya disisi lain kesibukkan dari masyarakat urban di negara tersebut. Menghidupkan taman kota sebagai pusat dari tempat wisata dan rekreasi serta yang terpenting adalah membawa unsur kenyamanan pada pengguna dari Garden of the Stars.



3. Merespon Keterjangkauan

Selain aspek merespon hijau dan kenyamanan, aspek merespon keterjangkauan daripada taman ke kawasan urban juga sangat penting karena taman kota harus terletak pada kawasan yang merupakan pusat dari kota yang mudah untuk diakses atau dijangkau. Garden of the Stars terletak pada kawasan yang menghubungkan area urban pariwisata dengan area waterfront Avenue of Stars. Dilihat dari perletakkannya, taman ini sangat strategis untuk dicapai atau dijangkau baik dari area urban maupun waterfront karena taman ini berbatasan langsung dengan Salisbury Road yang merupakan Jalan Utama pada kota Tsim Sha Tsui serta letaknya yang sangat dekat dengan transportasi umum seperti stasiun kereta dan halte bus. 





Sumber:

http://piknikproject.blogspot.co.id/2011/04/arsitektur-urban.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar