Jumat, 16 Juni 2017

5 Alasan Shenzen layak dikunjungi untuk Wisata Arsitektur

Kalau berbicara tentang destinasi wisata di Cina, memang sangat banyak. Kota-kota utama yang biasa menjadi tujuan wisata pun biasanya adalah Shanghai, Beijing ataupun Hong Kong. Namun bukan berarti selain kota-kota tersebut, tempat lain bukanlah menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan.

Salah satu kota yang sayang untuk dilewatkan oleh para wisatawan adalah kota Shenzen. Popularitas kota ini dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya memang lebih rendah. Di mata para wisatawan luar negeri, Shenzhen pun kurang begitu dipandang. Namun kota yang satu ini lebih populer di mata para wisatawan lokal.

Meskipun begitu, bukan berarti tempat-tempat wisata yang ada di kota Shenzhen ini kurang begitu menarik bagi wisatawan asing. Malah para wisatawan yang berkunjung ke kota ini pun bakal memperoleh berbagai keuntungan. Berikut ini adalah lima alasan kenapa kota Shenzhen ini menjadi destinasi wisata menarik di negara China.

1. Jembatan antara Hong Kong dengan China

Alasan pertama adalah karena tempat ini menjadi jembatan utama yang menghubungkan antara negara China dengan salah satu wilayah administrasi khusus miliknya, yakni Hong Kong. Antara Hong Kong dan Shenzhen pun bisa dilalui menggunakan transportasi darat. Jadinya, sangat disayangkan dong kalau hanya melintasi kota ini.

Transportasi dari Hong Kong menuju ke Shenzhen atau sebaliknya bisa dilakukan dengan sangat mudah menggunakan sarana 

Jalur transportasi Hung Hom menuju ke Lok Ma Chau ini melewati sebanyak 14 stasiun dengan durasi perjalanan selama 45 menit dan menempuh jarak 34 kilometer. Kereta paling pagi berangkat pukul 5:30, sementara untuk kereta yang paling malam berangkat dari Stasiun Hung Hom pada pukul 23:07 waktu setempat.


2. Shenzhen merupakan surga belanja di negara China

Karena lokasinya berada sangat dekat dengan Hong Kong, kota Shenzhen pun menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk dijadikan lokasi berbelanja. Terdapat beberapa tempat belanja terkenal yang bisa dikunjungi pada saat berada di kota Shenzhen, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Luohu Commercial City

Lokasi belanja yang satu ini terletak di Distrik Luohu dan merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di gedung tujuh lantai. Gedung Luohu Commercial City menyatu dengan Shenzhen Railway Station dan Shenzhen Subway Line 1 Luohu Station. Tempat perbelanjaan yang satu ini menjadi lokasi belanja yang populer bagi para wisatawan karena lokasinya yang sangat berdekatan dengan perbatasan Hong Kong.

Dongmen Shopping Street

1024px-ShenZjen_Dongmen.jpg
Suasana di Dongmen Shopping Street (kredit: Wikipedia)

Pusat perbelanjaan Dongmen Shopping Street ini berada di pusat kota Shenzhen. Masyarakat lokal pun mempunyai anekdot terkait Dongmen Shopping Street yakni, 'tak berkunjung ke Dongmen Shopping Street sama saja tak berkunjung ke Shenzhen'. Di sini, barang-barang yang bisa dijumpai pun beragam, termasuk di antaranya adalah sepatu, baju, mainan, jam tangan, suvenir, elektronik dan lain-lain. Dibandingkan Luohu Commercial City, tempat ini menawarkan variasi barang dagangan yang lebih banyak serta harga lebih murah.

Huaqiangbeilu Electronic Goods Market

Nah sesuai namanya, Huaqiangbeilu ini merupakan lokasi untuk berburu berbagai jenis barang elektronik. Bahkan Huaqiangbeilu ini kabarnya disebut sebagai salah satu pusat perbelanjaan elektronik terbesar yang ada di benua Asia.

Sedikit tips bagi yang berbelanja di kota Shenzhen, tak semua produk yang dijual oleh para pedagang adalah barang asli. Malah kebanyakan adalah produk imitasi. Jadi harus mempunyai pengetahuan yang cukup kalau ingin berbelanja di sini.

Selain itu, terkadang para penjual di Shenzhen juga menerima pembayaran dengan mata uang Dolar Hong Kong. Namun kebanyakan tentu akan lebih memilih pembayaran dengan mata uang Renminbi. Dan yang perlu diperhatikan tentu saja adalah scam uang palsu yang biasa dilakukan. Terlebih ketika memperoleh pecahan uang 100 RMB.


3. Berkeliling dunia dalam waktu singkat di kota Shenzhen

Di kota ini, para traveler juga bisa melakukan perjalanan keliling dunia dalam waktu yang sangat singkat. Tak perlu waktu berbulan-bulan untuk bisa berkunjung ke berbagai destinasi wisata menarik yang ada di berbagai dunia. Di kota Shenzhen,  bisa dilakukan dalam hitungan jam. Caranya, bisa berkunjung ke Window of the World.

window-of-the-world-shenzhen.jpg
kredit: Travelpod

Window of the World merupakan wahana yang menampilkan total sebanyak 130 replika destinasi wisata terkenal dunia. Tempat ini mempunyai luas mencapai 48 hektar. Beberapa destinasi wisata terkenal dunia seperti Menara Eiffel, Colosseum, Menara Condong Pisa, Winter Palace dari kota Siant Petersburg, Istana Gyeongbok, Opera House Sydney dan bahkan Borobudur juga bisa dijumpai di tempat ini.

768px-Shenzen_077.jpg
Replika Eiffel di kota Shenzhen (Kredit: Wikipedia)

Meskipun disebut replika, tempat-tempat tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar. Contohnya saja adalah replika Menara Eiffel yang dibuat dengan skala 1 berbanding 3. Replika tersebut mempunyai tinggi 108 meter, jadi masih cukup besar dan sekilas bakal terlihat seperti berada di kota Paris kalau mengambil foto di tempat ini.

Berada tidak jauh dari Window of the World, ada pula tempat serupa yang tak kalah menarik, yakni China Folk Culture Vilalge. Kalau World of the Window adalah tempat yang menyajikan miniatur destinasi wisata dunia, maka lain halnya dengan China Folk Culture Village. Di sini, para wisatawan akan diajak untuk berkeliling China dalam waktu singkat.

Namun di China Folk Culture Village, para wisatawan akan diajak untuk mengetahui budaya yang ada di penjuru negara China. Hampir seperti Taman Mini Indonesia Indah, di mana para pengunjung akan diajak untuk melihat kekayaan budaya yang dipunyai oleh negara tirai bambu tersebut.

4. Shenzhen kota dengan deretan pantai-pantai yang cantik

Bagi yang suka dengan wisata pantai, bisa pula menghabiskan waktu sejenak di kota Shenzhen. Di antaranya adalah dua pantai yang sangat terkenal di kota Shenzhen, yakni Da Meisha serta Xiao Meisha. Kedua pantai ini pun menjadi destinasi wisata yang populer di kota Shenzhen. Kedua pantai ini sama-sama terletak di Distrik Yantian.

1024px-Shenzhen_Bay_Bridge_2012.jpg
Pemandangan di Shenzhen Bay Bridge (kredit: Wikipedia)

Perjalanan dari pusat kota Shenzhen menuju ke kedua pantai ini tidak terlalu lama. Jarak antara kedua tempat ini bisa dicapai dalam kurun kurang lebih satu jam.

Xiao Meisha di kota Shenzhen mempunyai keindahan yang sangat menarik. Bahkan tempat ini memperoleh julukan sebagai 'Oriental Hawaii'. Xiao Meisha merupakan sebuah tempat yang dikelilingi oleh wilayah pegunungan pada ketiga sisinya. Pantai ini pun dalam kondisi yang bersih dan dijaga.

Sementara itu, Da Meisha dikenal sebagai pantai terpanjang yang ada di kota Shenzhen. Garis pantai tempat ini mencapai panjang 1,8 kilometer. Selain mempunyai kondisi pasir pantai yang bersih dan lembut, Da Meisha juga menjadi lokasi yang sangat menarik untuk dijadikan tempat surfing.

1024px-China-Yantian-Dameisha-and-Xiaome
Pantai Xiao Meisha di Shenzhen (kredit: Wikipedia)

Selain kedua pantai tersebut, tentu saja terdapat beberapa pantai lain yang bahkan menawarkan kondisi lebih sepi. Di antaranya adalah Pantai Jin Sha Wan, Pantai Longqi Wan, Pantai Juiaosha, Pantai Shuitousha, Pantai Nan'ao serta Pantai Xichong. Namun pantai-pantai tersebut mempunyai jarak yang lebih jauh dari pusat kota kalau dibandingkan dengan Da Meisha serta Xiao Meisha.

Sebagai tambahan, di sini juga terdapat Shenzhen Xianhu Botanic Garden bagi para traveler yang suka dengan wisata alam. Tempat ini mempunyai luas mencapai 10 ribu meter persegi dan di dalamnya terdapat lebih dari ribuan spesies tanaman dari berbagai dunia. Cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk pembelajaran ataupun sekedar ingin menghabiskan waktu kalau sudah bosan dengan pemandangan pantai di Shenzhen.

5. Surga bagi para pecinta olahraga golf

Nah secara khusus, kota Shenzhen bakal menjadi lokasi yang sangat menarik bagi mereka yang hobi olahraga golf. Di negara Cina, kota yang satu ini dikenal sebagai salah satu destinasi golf terbaik yang ada. Salah satunya adalah Longgang Public Golf Course. Tak hanya memberikan tempat olahraga golf yang menarik, tempat ini juga mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Kalau ingin tempat bermain golf yang lebih menantang, bisa berkunjung ke Mission Hills Golf Club. Klub golf yang satu ini dikenal sebagai klub golf terbesar dunia. Dan di sini pula menjadi lokasi event turnamen golf kelas dunia di mana para pesertanya pun adalah pegolf internasional seperti Jack Nicklaus, Ernie Els ataupun Vijay Singh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar